Sejarah Kota Caruban dan Perkembangannya   Leave a comment

Gedung DPRD Kota Caruban yang baru selesei dibangun

Gedung DPRD Kota Caruban yang baru selesei dibangun


Kali ini saya akan membahas sedikit tentang apa sebenarnya arti atau sejarah dari kota kecil yang sekarang telah menjadi ibukota Kabupaten Madiun. Kota Caruban merupakan kota kecil yang resmi menjadi pusat pemerintahan ibukota Kabupaten Madiun menggantikan kota Madiun sesuai PP 52 tahun 2010. Karena kota Caruban letaknya yang strategis dan terdapat kantor DPRD, sedang kota Madiun sudah tak strategis letaknya misalnya saat dari Caruban menuju ke Magetan bisa tak lewat kota Madiun karena lewat RING ROAD. Secara administratif, kota ini berada di wilayah Kecamatan Mejayan. Kota ini memiliki posisi strategis, yaitu berada pada pertigaan jalur pintas antara Ngawi-Nganjuk tanpa melewati Kota Madiun.
Berdasarkan cerita penduduk setempat, Caruban berarti “carub” – bahasa jawa, yang artinya campur, sedangakan akhiran -an, adalah menunjukkan arti tempat. Caruban merupakan campuran dari beberapa penduduk, warga atau orang yang bermukim di situ, terbukti di Caruban terdapat banyak sekali etnis atau warga yang bukan dari warga pribumi yang ikut meramaikan kota Caruban.
Makanan khas dari Caruban adalah brem dan nasi pecel. Kesenian khas adalah dongkrek.
Caruban dapat dicapai dengan kereta api (terdapat Stasiun Caruban)
ataupun bus umum (dilengkapi dengan satu terminal bus) karena terletak pada jalur antara Solo dan Surabaya. Di sebelah timur kota ini terdapat hutan jati. Dalam perkembangannya, Caruban dalam beberapa tahun mendatang akan dibangun jalan bebas hambatan (tol) oleh Pemerintah Pusat yang akan menghubungkan jalur Surakarta (Solo)-Ngawi-Caruban-Nganjuk-Kertosono. Dengan dibangunnya prasarana jalan tersebut diharapkan akan lebih mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat, khususnya yang dilalui jalan tol tersebut.
Kelurahan\Desa di kota Caruban : Desa Kaliabu, Desa Klecorejo, Desa Blabakan, Desa Wonorejo, Desa Kebonagung, Desa Darmorejo, Desa Kaligunting, Desa Sidodadi, Desa Kuncen, Desa Mejayan, Desa Ngampel, Kelurahan Bangunsari, Kelurahan Krajan, dan Kelurahan Pandean.

Profil Kota Caruban
Caruban merupakan kota kecil yang terletak di pinggiran kota Madiun. Kota ini bertempat di sebelah timur tepatnya diantara kec. Balerejo dan Wilangan. Kota caruban merupakan jalur penghubung dengan jalur ke selatan dan ke utara. Ke utara ke arah Ponorogo dan Pacitan lalu ke arah selatan / barat ke arah Solo, Jogjakarta dan juga Jakarta.
Kota Caruban merupakan kota yang mulai berkembang dengan pesat, terbukti sesuai PP 52 tahun 2010. Kota kecil Caruban akan resmi menjadi ibu kota kabupaten Madiun. Dan Realisasinya akan dilaksanakan tahun ini.
Sebelum menjadi ibu kota kabupaten, Kota Caruban sudah memiliki beberapa fasilitas antara lain sudah tersedianya rumah sakit umum daerah (RSUD) Caruban yang dikenal masyarakat sekitar dengan sebutan RS. Panti Waluyo, di sebelah timur terdapat Gelanggang Olahraga Pangeran Timoer (GOR) yang di dalamnya ada fasilitas lapangan sepak bola lengkap dengan tribunnya. Tidak jauh dari gor terdapat kantor Imigrasi yang baru didirikan, kantor ini tepatnya terletak di jl raya Caruban-Nganjuk. Selain itu masih banyak fasilitas-fasilitas lain yang terdapat di caruban, Terminal BUS, Stasiun Kereta, Pasar Tradisional, Kantor DPRD Kabupaten, TPK (terminal Kayu Milik Dinas Kehutanan) dan juga masih banyak lagi.
Dengan fasilitas yang sekarang dimiliki Kota Caruban, maka tidak mustahil jika suatu saat nanti atau beberapa tahun yang akan datang Kota ini akan menjadi Kota yang maju dan sangat modern. Saya sebagai warga setempat mengucapkan selamat kepada Kota Kecil Caruban karena telah resmi menjadi Ibu Kota Kabupaten Madiun.

Posted 5 Juni 2011 by hartoyosbk in Pariwisata Jawa Timur

Tagged with

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: