Meraih Cahaya Firman di MTQ Jatim   Leave a comment

MADIUN-Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) XXIV Regional Jawa Timur tinggal menghitung pekan. Tepatnya, 19-26 Juni 2011. Kota Madiun yang didaulat sebagai tuan rumah, tentu, tidak tinggal diam. Persiapan, jauh hari sudah dilakukan. Dari penyiapan format acara, penataan lokasi, disain panggung, pencintraan, termasuk pernik dan asosoris acara pendukung lomba baca Al-Qur’an yang bakal melibatkan ratusan qori dan qoriah se antero Jawa Timur ini.
Muaranya, sukses dan barokah. Minimal barokah dalam ujud hikmah, sesuai tema MTQ. Yakni, “Dengan Cahaya Al Qur’an Wujudkan Masyarakat Berakhlak dan Sejahtera.” “ Ini tema yang kami usung di MTQ XXIV Jatim,” ujar Ketua Panitia Drs. H. Maidi, SH, MM, M.Pd.
Toh, lanskap Kota Madiun, beberapa pekan terakhir ini berdandan. Sejumlah banner ukuran besar terpampang di sudut kota. Image yang hendak dibentuk, muslim Madiun siap menyelenggarakan MTQ.
Musti diakui, ini lanskap baru yang cukup menyejukkan. Meski kesan fulgar ketokohan masih kental mewarnai banner terpasang, setidaknya ada warna baru mengisi ruang strategis di sudut kota brem. Apa itu? Nuansa religius, yang seyogyanya diporsikan sebagai rutinitas banner harian.
Drs. H. Maidi, SH, MM. M.Pd, menerangkan, kesepakatan tehnis pelaksanaan MTQ telah dibuat di Tretes 1/3/2011 silam. Tanggal 5 April para kafilah akan datang ke Madiun, melihat lokasi lomba dan hunian.
Mencermati format acara, panitia MTQ Jatim kali ini sudah mengagendakan empat kemasan acara. Dimulai dari, Pawai Taaruf, Upacara Pembukaan, Acara Inti MTQ dan Penutupan.

Pawai Ta”aruf

Pawai ta’aruf merupakan pawai mobil hias yang pesertanya para kafilah yang berasal dari berbagai Kabupaten dan Kota se-Jawa Timur. Pawai ini menggunakan kendaraan yang dihias dengan beranegaragam hiasan sesuai andalan daerah masing-masing. Formatnya, lebih mendekatkan masyarakat kepada seni Islami.

Pawai ini direncanakan melewati route Start di Jl. Pahlawan, Jl. Panglima Sudirman, Jl. Dr. Sutomo Jl. Diponegoro, Jl Imam Bonjol, Jl. Slamet Riyadi  dan  Finish di   depan Dumilah Park, dengan menempuh route+ 4 Km, sedangkan tempat menghias mobil/Home Stay disediakan di Areal Terminal Bus Purbaya dan Terminal Cargo Jl. Basuki Rachmad.

Panggung kehormatan dan pemberangkatan berada di bahu jalan di Jl. Pahlawan depan PT Telkom/Timbul Jaya Plaza (Giant) Madiun. Pertimbangannya, upacara pemberangkatan pawai ta’aruf ini akan dihadiri oleh Muspida Provinsi dan para Undangan Kabupaten/Kota se-Jatim diperkirakan sejumlah + 350 orang. Kedua, lokasinya cukup luas untuk ditempati panggung. Sedangkan areal parkir undangan disediakan disepanjang Jl. Kalimantan, Sulawesi, dan parkir Sri Ratu serta parkir Giant.

Pawai  ta’aruf akan diawali oleh pembawa spanduk tema, pembawa bendera merah putih, pembawa bendera kafilah, marching band, dan 5 kendaraan hias dari kafilah Kota Madiun. Selebihnya diikuti oleh 37 Kabupaten/Kota lainnya sesuai dengan nomor urut keberangkatan yang diberikan oleh panitia.

Upacara Pembukaan

Pada upacara pembukaan di panggung kehormatan akan ditampilkan tari Mudjahid yang akan dibawakan oleh remaja putri pilihan sebanyak 24 orang ( menggambarkan bahwa MTQ di Kota Madiun adalah penyelenggaraan MTQ yang ke-24 ) dengan kostum kolaborasi antara budaya daerah dan Islami, sedangkan start pemberangkatan direncanakan oleh Gubernur Jawa Timur pada tanggal 19 Juni 2011 Jam 10.00 Wib.

Prosesi upacara pembukaan MTQ XXIV Provinsi Jawa Timur Tahun 2011 Di Kota  Madiun direncanaan akan diselenggarakan pada tanggal 19 Juni 2011 pukul 19.00 WIB. Acara tersebut akan dibuka dengan penampilan hiburan musik  (pra acara)  yang bernuansa Islami.

Upacara pembukaan MTQ XXIV Provinsi Jawa Timur Tahun 2011 di Kota  Madiun akan dibuka oleh Gubernur Jawa Timur ditandai dengan penekanan tombol sirine dan menampilkan suatu atraksi memadukan antara unsur teknik, budaya dan religi yang dikemas dalam bentuk tampilan yang atraktif dan dilanjutkan dengan penyerahan piala bergilir MTQ dari Gubernur Jawa timur ke Walikota Madiun selaku Penyelenggara MTQ XXIV Provinsi Jawa Timur Tahun 2011 Di Kota  Madiun.

Acara selanjutnya adalah defile kafilah dari 38 peserta lomba MTQ yang dikawal oleh kelompok marching band andalan, dilanjutkan dengan berbagai macam hiburan yang merupakan kesenian khas Kota Madiun yang cukup atraktif untuk ditampilkan guna meramaikan event MTQ. Ambil sebegai contoh, pagelaran kesenian daerah, seperti tari-tarian kolosal dengan diiringi musik yang serasi dengan gerak tari yang disajikan. Selain itu juga digelar kesenian Islami seperti hadrah dan lain-lain serta pada puncaknya akan ditampilkan pesta kembang api yang dapat memberikan kesan tersendiri terhadap upacara pembukaan MTQ ini.

Penutupan

Pelaksanaan upacara penutupan MTQ XXIV Tahun 2011 direncanakan pada tanggal 26 Juni 2011 jam 19.30. Prosesi MTQ direncanaan akan diawali dengan acara seremonial berupa upacara penutupan dilanjutkan dengan penyerahan piala kejuaraan masing-masing jenis lomba dan piala bergilir, serta akan diserahkan bendera MTQ dari Walikota Madiun ke Bupati/Walikota tuan rumah tahun berikutnya.

Upacara penutupan MTQ XXIV  Provinsi Jawa Timur Tahun 2011 ditutup oleh Wakil Gubernur Jawa Timur dengan ditandai penekanan sirine dan dilanjutkan dengan penampilan berbagai macam hiburan yang merupakan kesenian khas Kota Madiun yang cukup representatif  yang kemudian dilanjutkan dengan acara pelepasan kafilah.

Pameran Produk Unggulan

Panitia juga telah mengemas pernik aksesoris acara bernuansa ekonomi. Ujudnya,  Pameran Produk Unggulan yang akan digelar di di Alun-Alun Kota Madiun. Dimulai dengan acara  pra pameran, 17 Juni. Sedang pembukaan pameran oleh Gubernur Jawa Timur Dr.Soekarwo akan dihelat 2 hari sesudahnya. Pameran itu  rencana akan dipenuhi 100 tenda, 38 stand milik perwakilan daerah peserta.

Serap 6 Miliar rupiah

Soal anggaran MTQ Jatim kali ini, meski belum ada rincian pasti, dalam proposal yang disetujui gubernur, diperkirakan menelan Rp 6 M. Sumber dana sebagian besar dipasok dari kas daerah Dati II Kota Madiun. Yakni, 80 persen. Sisanya 20 persen bantuan dari Pemprov Jatim. Maknanya, kas daerah setempat bakal terserap sekitar Rp 5 miliar.

Diakui Maidi, acara pembukaan dan penutupan akan menghabiskan dana yang cukup besar. Sebab panitia bakal mendatangkan artis ibu kota. Dan saat ditanya sosok artis itu, Maidi hanya menjawab sambil tertawa, bahwa artis itu tentunya yang islami bukan penyanyi rock. Selain itu juga akan ditampilkan budaya “Pencak” yang sudah menjadi image Kota Madiun. “Pencak jelas akan ditampilkan dalam pembukaan MTQ, bahkan sudah dipanggilkan pelatih kesenian pencak yang bagus, dan saat ini sudah mulai latihan,” terang Ketua Panitia yang juga Sekkota Madiun ini.

Sarana Untuk Peserta

Jumlah peserta yang banyak, ternyata menyebabkan semua penginapan yang ada di Kota Madiun tidak mampu menampung semua peserta. Untuk mengatasi hal tersebut, sampai saat ini disepakati menggunakan mess instansi di kota setempat. Seperti, mess Perum Perhutani. Sedang menangani kebutuhan air bersih selama MTQ, pihak PDAM Kota Madiun sudah merencanakan pengelolaannya, dan diyakini akan tetap aman. Selain itu juga penataan dan serta himbauan kepada pedagang tentang kebersihan juga dilakukan untuk memberi kenyamanan pada peserta, terlebih toko oleh-oleh khas Madiun.

Bagaimana kesiapan kafilah tuan rumah Kota Madiun? Maidi mengatakan Kota Madiun bakal mengirim 40 peserta. “Semuanya memiliki target juara. Hingga pada akhirnya ditargetkan kontingen Kota Madiun akan menjadi juara umum,” pungkasnya.

JADWAL KEGIATAN MTQ XXIV

PROVINSI JAWA TIMUR TAHUN 2011

DI KOTA MADIUN

O KEGIATAN MTQ TANGGAL WAKTU LOKASI
1 Penerimaan Kafilah 18 Juni 2011 01.00 WIB Asrama Haji
2 Penempatan Kafilah 18 Juni 2011 04.00 WIB Asrama Haji ke tempat pemondokan
3 Pelantikan Dewan Hakim 19 Juni 2011 07.00 WIB Asrama Haji
( Technical Meeting) 09.00 WIB
4 Pawai Ta’aruf 19 Juni 2011 10.00 WIB Start   : Jl PahlawanRute   : Jl. Protokol Kota  MadiunFinish : Jl. Slamet Riyadi
5 Pameran Produk Unggulan 17-26 Juni 2011 09.00-21.00 WIB Alun-alun Kota Madiun
Peresmian 19 Juni 2011 15.00 WIB
6 Upacara Pembukaan 19 Juni 2011 19.00 WIB Stadion Wilis
7 Perlombaan (Musabaqoh) 20-25 Juni 2011 08.00 WIB 9 (sembilan) tempat lomba
8 Upacara Penutupan 26 Juni 2011 19.00 WIB Stadion Wilis

Posted 11 Juni 2011 by hartoyosbk in Cahaya Islam

Tagged with

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: